Denyut Islam di Norfolk, Virginia

is2

Postingan 30 Januari 2015

Islamic Centre (IC) ini menjadi pusat kegiatan Islam, khususnya di Norfolk, Virginia. Selain di IC ini ada beberapa masjid di wilayah Virginia, namun aku belum pernah mengunjunginya. IC sekaligus masjid ini terletak kurang lebih 800m dari apartemen kami, kalau ditempuh dengan jalan kaki kira2 15-20 menit.

Dari luar tak tampak aksesoris masjid, hanya tulisan “Islamic Centre” yang menandai bangunan ini sebagai pusat kegiatan umat Islam. Ada 2 pintu yang terletak di sisi kanan bangunan. Pintu utama biasa dilewati siapa saja, baik jamaah laki-laki maupun perempuan dan satu pintu lagi biasa dipakai jamaah perempuan saat pelaksanaan shalat jumat.

Saat memasuki pintu utama kita akan memasuki semacam ruang tengah yang berisi meja panjang, biasa dipakai untuk meletakkan makanan saat ada acara2. Setiap hari jumat di meja itu tersedia makanan berupa nasi biryani dengan sayuran dan lauk ayam/ikan. Nasi itu dijual dengan harga minimal 5 dolar dan boleh dilebihkan karena sebagian dari dana penjualan itu dialokasikan untuk kas masjid. Bagi mereka yang memang tidak mampu membeli boleh juga mengambil makanan itu secara gratis.

Di dekat meja itu ada ruangan jamaah perempuan dengan pintu tersendiri. Di samping ruang shalat putri ada ruangan sekaligus pintu menuju ruang shalat jamaah putra, yang juga sering dipakai untuk kegiatan belajar alquran, terkadang juga untuk duduk2 saat para jamaah selesai menjalankan shalat.

Di sebelah kiri pintu masuk utama, ada kantor sekretariat masjid, berhadapan dengan ruang komputer dan toilet untuk laki2. Di lorong ini juga tersedia kran untuk minum dan dispenser bagi yang menginginkan minuman panas.

Ruangan sebelah kirinya adalah pintu masuk yang khusus bagi jamaah perempuan. Begitu memasuki ruangan langsung terdapat tempat main anak2 dengan berbagai mainan dan buku-buku. Ada kuda-kudaan, mainan yang bisa didorong2 dan berbunyi saat dipencet, piano, troli belanja dan masih banyak mainan lain. Di sisi kiri dari ruang bermain terdapat toilet perempuan yang berseberangan dengan dapur. Masih ada satu lagi ruangan paling belakang berbentuk aula kosong, biasa dipakai sebagai lokasi untuk kegiatan para jamaah putri dan anak2. Oya di ruang ini, ruang jamaah putri dan ruang bermain tersedia monitor yang menempel di tembok, bisa dihidupkan setiap saat untuk melihat imam atau penceramah di ruang shalat utama.

Kegiatan utama di Islamic Centre tentu saja shalat berjamaah 5 waktu. Setiap selesai isya ada kajian hadits dan alquran. Setiap selesai shalat ashar pada hari senin, jumat dan ahad, ada kelas quran dan menghafal untuk anak2 dan remaja. Setiap jumat malam, biasanya masjid ramai karena keluarga2 muslim menempatkan untuk mengikuti kajian hadits selepas isya dan anak2 riuh bertemu dan bermain bersama. Pada hari ahad, dari jam 10 pagi hingga jamb14.30 ada sunday school atau sekolah Islam untuk anak2 usia 4-7tahun. Untuk anak2 yang usianya sudah lebih besa mengikuti kelas sunday shool di bangunan lain (Constant Hall, salah satu gedung milik Old Dominion University). Sunday School ini sudah berjalan lebih dari 15 th dengan murid dari berbagai wilayah Virginia.

Masjid ini sangat nyaman, dengan karpet2 tebal dan empuk. Tempat bermainnya juga luas, jadi anak2 bisa leluasa bermain kejar-kejaran, lempar tangkap bola, mewarnai dan lain-lain. Jamaah yang shalat di sini jg berasal dari berbagai negara, seperti Saudi, Turki, Maroko, Sudan, India, Thailand, dan masih banyak lagi. Banyak juga muslim Amerika yang meramaikan masjid ini. Sungguh tempat yang tepat untuk menyemai ukhuwah dan merancang kerja dakwah di negeri paman sam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s