Masjid Turki Diyanet Centre di Maryland

POstingan 18 Desember 2016

Sore ini kami mengunjungi masjid Diyanet di Maryland. Tidak hanya tempat ibadah, kompleks Diyanet Centre of America ini juga menyediakan layanan berupa restoran, kolam renang, ruang konferensi, toko oleh-oleh khas Turki, dan musem. Tak ketinggalan kolam untuk berendam khas Turki yang biasa disebut Hammam.

Bangunan masjidnya sangat indah. Ruang utama masjidnya beralas karpet hijau toska. Sekeliling ruangan dihias lengkungan-lengkungan yang mirip dengan arsitektur di Hagia Sophia, dengan warna abu-abu selang seling putih. Kaligrafi bermacam bentuk menghiasi dindingnya. Juga ukir-ukiran berwarna putih, biru, hitam dan emas yang membuat ruangan makin cantik.

Lantai dua diperuntukkan bagi jamaah permpuan. Meski begitu banyak juga ibu-ibu, khususnya yang memiliki anak kecil yang shalat berjamah di lantai bawah. Antara jamaah laki-laki dan perempuan tidak dibatasi pembatas seperti umumnya masjid, namun lantai untuk jamaah perempuan dibuat lebih tinggi.

Saat kami di sana sedang ada kegiatan semacam aqiqah. Jadi ada seorang qori yang membaca Qur’an, setelah selesai sang ayah membawa si bayi ke hadapan syeikh unuk dibacakan doa. Setelah itu si ayah membawa si anak berkeliling ke jamaah laki-laki untuk didoakan. Beberapa jamaah perempuan juga maju untuk mengucap selamat dan mendoakan si bayi.

Secara umum masjid ini sangat ramah anak dan keluarga. Anak-anak bisa bermain bebas, mereka juga bisa pindah mendekati ayah mereka sesuka hati karena ruangan yang tidak terlalu luas. Dan ada lagi fasilitas yang menyenangkan untuk para traveler, yakni free wifi. Pilih jaringan TASC-GUEST dengan password tasc-guest! Tadi iseng saja aq coba dan ternyata nyambung!

diya6diya5diya4diya3diya2diya1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s