Membuat Homemade Playdough

Hari ini Norfolk hujan seharian. Rencana untuk berkemah yang sudah kami siapkan seminggu sebelumnya berantakan. Untung kemarin kami cek ramalan cuaca dulu, jadi enggak kecele sampai di sana. Camp ground nya tetap buka, sih. Tapi mungkin berbagai fasilitas seperti kolam renang, menunggang poni, dan persewaan sepeda tidak tersedia.  Dan juga berkemah pas hujan pasti anak-anak tidak nyaman. Lebih baik kami tunda rencana tersebut, menunggu weekend dengan cuaca cerah.

Berhubung hujan dan ada potensi thunderstorm, ya, udahlah kami di rumah aja. Tadi siang udah main macam-macam, baca buku, nonton paw patrol, main sepeda (pas hujannya berhenti), kok, ya, masih bosan. Lili masih merengek minta gadget time. Bosan aku tolak terus permintaannya, eh, kok, dia kepikiran pingin main playdough. Hayuk, lah, kita bikin, pikirku.

Singkat saja aku siapkan bahan, manasin air di microwave, ngaduk-aduk, nguleni, campur warna, alhamdulillah si bocah cukup antusias. Dia yang mengaduk bahan, aku yang nguleni, dia yang ngasih warna dan nyampur ke adonan, aku tinggal ‘ngalusin’ dikit. Paling hanya butuh waktu 30 menit, jadilah playdough 4 warna; merah, kuning, biru dan ungu. Si bocah langsung senyum semringah.

Ini bukan kali pertama kami membuat playdough. Pernah aku pake cara yang semua bahannya direbus. Pernah juga hasilnya terlalu lengket jadi gak bisa dibentuk. Hasil buatkan kami hari ini cukup memuaskan. Bahan tercampur sempurna, tidak lengket, namun cukup lunak. Saat dipakai mencetak menggunakan cetakan playdough-pun hasilnya mulus.

Jadi harus kudokumentasikan, nih, resepnya. Biar besok-besok lagi enggak lupa takarannya. Resep aslinya, lupa dapat dari mana. Ini hasil modifikasiku setelah beberapa kali trial and error.

Homemade Playdough

Bahan

  • 50-60gr tepung terigu biasa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt minyak goreng
  • 20 ml air mendidih
  • 2 tsp cuka putih (panaskan di atas kompor atau microwave)
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Pewarna makanan

Cara Membuat

  1. Campur tepung, garam, minyak goreng, cuka, aduk
  2. Masukkan air mendidih, sedikit demi sedikit, mungki air tidak dipakai semua karena adonan tidak boleh terlalu lembek. Jika terlalu lembek tambahkan terigu. Pakai tangan untuk menguleni adonan.
  3. Pisahkan adonan menjadi 4 bagian, tambahkan warna pada tiap bagian, lalu tambahkan tepung maizena. Campur dengan baik sampai tepung berubah warna.
  4. Playdough siap dipakai.

Pengalamanku selama ini, playdough buatan sendiri bisa bertahan sampai seminggu. Setiap kali selesai main, masukkan plastik dan simpan di kulkas.

HOMEMADE PLAYDOUGH

Ingredients

  • 1/2 cup all purpose flour
  • 1 tsp salt
  • 1 tsp vegetable/canola oil
  • 20 ml boiling water
  • 2 tsp boiling vinegar
  • 1 TSP corn starch
  • Food coloring

How to make

  1. Put flour, salt, oil in the bowl, pour the boiling water slowly, mix well. You will not use all the water, make sure the dough isn’t too mushy. Knead the dough until smooth.
  2. Divide the dough into several equal portion according how many colors of playdough you want to make.
  3. Mix each dough with a few drops of food coloring, mixed with corn starch then knead with your hands until the dough changed the color. If the dough is too sticky, add more flour until it doesn’t stick at all.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s