Idul Adha 2017

Postingan 1 September 2017

Tahun ini pertama kalinya kami berkurban di Amerika. Tidak seperti di Indonesia yang kita bisa nyembelih binatang ternak di masjid, sekolah, atau rumah masing-masing, di sini kita mesti pergi ke peternakan yang khusus memiliki ijin penyembelihan hewan. Kami memilih sebuah peternakan di North Carolina (ya benar, itu berada di negara bagian lain), berjarak kurang lebih 1 jam dari Norfolk, tempat kami tinggal.

Usai mengikuti shalat ied di Virginia Beach, kami menuju peternakan. Kupikir hanya keluarga kami atau setidaknya bbrp keluarga yang berkurban di peternakan tsb, ternyata ada banyak! Kurang lebih 20-an keluarga yang terlihat di peternakan tersebut. Antriannya cukup panjang untuk menunggu hewan kita disembelih dan dikuliti. Oya, di peternakan ini ada tukang jagal muslim tapi karena antriannya panjang jadinya mas Sigit menyembelih sendiri hewan kurban kami.

Proses menyembelih dan menguliti hewan sebenarnya cepat, kurang lebih 45 menit, lalu hewan yg masih utuh tsb kami bawa pulang. Pak tukang jagal akan datang sehari kemudian ke masjid dekat rumah untuk motong daging kambingnya jadi ukuran kecil dan siap dibagikan.

Terdengar kurang praktis ya dibanding kurban di Indonesia. Tapi ya dengan segala keterbatasan, bisa kok menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di Amerika. Bisa juga jadi bahan syiar mengenai ibadah kurban untuk kalangan muslim dan non-Muslim di Amerika.

Happy Eid Mubarak!

 

Norfolk, 1 Sept 2017

4 thoughts on “Idul Adha 2017

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s