Belajar dari Pelajaran Sekolah Sofie

Postingan Februari 2015 ..

(Saat itu anakku, Sofie Hilmia Rahman kelas 1 SD)

Sudah sebulan lebih Sofie sekolah di LES (Larchmont Elementary School). Setiap hari dia berangkat jam 8.20 dari rumah, jalan sebentar lalu menunggu bus sekolah warna kuning. Sopir bus nya perempuan, berkulit hitam dan sangat ramah. Pas kapan itu ayahnya Sofie sedang ada acara jadi aku nganter Sofia sambil terburu-buru. Baru juga jalan beberapa meter bus sekolahnya sudah nunggu di perempatan. Aku langsung teriak, “Ayo lari Sofie!” Kami berdua lari. Untung si Lili di stroller jadi tdk kesulitan saat harus lari2 begini. Saat mendekati lokasi, terlihat bu Sopir yang aku belum tahu namanya itu melambaikan tangan.

“I’m sorry Miss!” ucapku sambil terengah-tengah.

“No problem. I saw you..” jawabnya sambil tersenyum.

Di sekolah dia sampai jam 3 sore. Jam 3.20 jadwal bus sekolahnya tiba di tempat yang sama. Setiap hari senin Sofie membawa pulang daftar PR nya selama sepekan. Selain PR juga ada selembar kertas yang berisi informasi mengenai apa yang akan dipelajari sepekan ke depan dan biasanya PR-PR dia juga akan berkaitan erat dengan bahasan.

Untuk reading, PR nya masih sama, membaca 20 menit setiap hari dengan total pencapaian 120 menit per pekan. Kalau kemarin hanya diminta retell (atau menceritakan ulang hasil bacaan) setiap pekan, sekarang hampir tiap hari ada tugas retell, menandai kata sulit dan melatih spelling (pengucapan dalam bahasa Inggris) serta memilih kata yang disukai dari buku yang dibaca. Ganti-ganti ada tugasnya tapi seputar itu.

Di sekolah pelajaran membacanya berupa listening story tentang “Growing Vegetable Soup”, “Little Rabbit’s Tale”, “The Big Trip”, yang dari cerita2 tersebut anak2 belajar tentang kerjasama, saling menolong, juga belajar kata baru, memahami inti cerita, dll.

PR matematikanya 2 pekan pertama mengenai pattern. Misalnya pattern ABC bisa ditranformasikan ke bentuk bintang, lingkaran, hati, hati juga ke warna merah, biru, pink, pink, begitu seterusnya. Dia juga belajar menandai pengulangan, misalnya 2, 4, 6,…..,10,..Sebagai bagian dari pelajaran ini dia diminta membuat kalender dan tiap kotak diwarnai sesuai dengan pattern yang diminta. Sedangkan 2 pekan terakhir, dia diajarkan mengenal bentuk lingkaran, segitiga, kotak dan segi empat. PR nya menemukan benda2 di rumah yang sesuai bentuk2 tersebut.

PR menulisnya tentang membuat surat untuk teman dan saudara. Suratnya harus berisi, minimal 5 hal, yaitu tanggal, salam pembuka, isi (minimal 2 kalimat), penutup dan tanda tangan. Tema-temanya seputar ucapan terima kasih atas hadiah yang diberikan dan ucapan terimakasih sudah diajak bermain bermain dan satu surat berisi cerita mengenai apa yang sudah dia pelajari di kelas science. Pekan ini PR menulisnya mengenai memilih kata yang sulit diucapkan (dari daftar kata yang didapat dari sekolah) dan membuat kalimat dari kata tersebut.

Pelajaran science nya berisi pengenalan tata surya, mengenal bumi, matahari, bulan, bintang dan teleskop (alat melihat bintang). Lalu ada juga sosial science tentang mengenal bendera Amerika, bagaimana menjadi warga negara yang baik (misalnya mentaati peraturan, tidak mengganggu orang lain, bertanggungjawab di sekolah, di bus, di jalan, dll). Oya ada juga pelajaran tentang sejarah Amerika, kebetulan 15 januari lalu ada libur, Martin Luther King’s Day (tokoh kulit hitam yang memperjuangkan dihapusnya rasialisme di Amerika) dihubungkan dengan bagaimana berjuang mencapai cita-cita.

Pekan ini Sofie belajar memahami kompas dan membaca peta sederhana. PR nya asyik sekali yaitu membuat peta dari rumah ke sekolah dan tempat-tempat yang pernah dikunjungi dengan membuat minimal 1 landmark dengan memperhatikan arah utara, selatan, timur dan barat.

Yang aku rasakan pelajaran yang dipelajari di sekolahnya Sofie tidak selalu banyak dan selalu dikaitkan dengan keseharian. Jika sebuah konsep belum dipahami maka guru akan mengulang terus sampai anak tersebut paham. Seperti saat bab “pattern” Sofie belum paham-paham misalnya dari pattern ABC ditransformasikan jadi merah, kuning, ijo, merah, kuning, ijo, dst. Maka di sekolah Sofie sampai beberapa kali mengerjakan tugas ttg itu, bahkan di lembar komunikasi gurunya juga memberikan catatan khusus sehingga orangtua bisa mengulang konsep tersebut di rumah. Begitu juga saat membahas relasi matahari dan bumi, pas hari jumat Sofie membawa lebih dari satu lembar tugas yang mirip, semuanya sudah dia kerjakan, dengan penilaian yang secara bertahap meningkat, misalnya awalnya dia cuma bisa menjawab benar 5 dari 10 pertanyaan, sampai tugas yang terakhir dia bisa menjawab benar 9 dari 10 pertanyaan. Secara tidak langsung kami, sebagai orangtua jadi tahu, “Oh, Sofie belum paham topik ini..” dan kami bisa membahasnya di rumah.

Ya begitulah, catatan ini kubuat sebagai rangkuman pelajaran yang sudah dipelajari Sofie di LES. Semoga bermanfaat juga buat semua teman di sini ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s